Selasa, 25 Agustus 2015

Pertolongan Pertama Terkena Benda Asing Di Kulit

Pertolongan Pertama Terkena Benda Asing Di Kulit - Anda biasanya dengan aman dapat mengeluarkan sebuah benda asing yang kecil seperti serpihan kayu, duri, fiberglass atau kaca yang berada di bawah permukaan kulit, berikut pertolongan pertama terkena benda asing di kulit Anda:

  1. Cuci tangan Anda dan bersihkan daerah luka dengan sabun antiseptik dan air bersih.
  2. Menggunakan pinset yang telah dibersihkan dengan alkohol untuk mengeluarkan objek. Kaca pembesar dapat membantu Anda untuk melihat lebih baik.
  3. Jika objek di bawah permukaan kulit, sterilkan jarum bersih dan tajam lalu menyekanya dengan alkohol. Menggunakan jarum untuk mengangkat lembut atau merobek kulit yang berada diatas objek. Angkat ujung objek keluar dan tangkap dengan pinset Anda.
  4. Memeras luka dengan lembut untuk memungkinkan perdarahan untuk membersihkan kuman.
  5. Mencuci daerah luka lagi dan keringkan. Menerapkan salep antibiotik.
  6. Mencari bantuan medis segera untuk benda asing yang tampaknya lebih tersemat di kulit atau otot. Ikuti langkah-langkah dan tindakan pencegahan pertama ini:


  • Jangan mencoba untuk mengeluarkan objek. Melakukan hal itu bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.
  • Jika diperlukan, kontrol perdarahan dengan menekan kuat di sekitar objek untuk menyatukan tepi luka dan dengan menempatkan cedera luka lebih tinggi dari jantung.
  • Perban luka. Pertama-tama letakkan sepotong kain kasa di atas objek. Kemudian, jika membantu, menempatkan padding bersih di sekitar objek sebelum mengikat luka aman dengan perban atau sepotong kain bersih. Berhati-hati untuk tidak menekan terlalu keras pada objek.


Selain itu, mencari bantuan medis jika:

  • Objek tidak dapat dikeluarkan dengan mudah.
  • Cedera melibatkan mata.
  • Luka mendalam atau kotor dan orang yang terluka mendapatkan suntikan tetanus terakhir telah lebih dari lima tahun yang lalu. Dokter mungkin merekomendasikan suntikan tetanus lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar