Senin, 31 Agustus 2015

Pertolongan Pertama Menggunakan CPR

Pertolongan Pertama Menggunakan CPR (Cardiopulmoner Resusitasi) adalah teknik penyelamatan berguna dalam banyak keadaan darurat, termasuk serangan jantung atau tenggelam, di mana seseorang berhenti bernapas atau hilang detak jantung. The American Heart Association merekomendasikan bahwa setiap orang — pengamat terlatih dan tenaga medis yang sama — CPR mulai dengan penekanan dada.

Hal ini jauh lebih baik untuk melakukan sesuatu daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali jika Anda takut bahwa pengetahuan atau kemampuan Anda tidak 100 persen lengkap. Ingat, perbedaan antara Anda melakukan sesuatu dan tidak melakukan apa-apa pada hidup seseorang.

Berikut adalah saran dari American Heart Association saat melakukan CPR:
  • Terlatih. Jika Anda tidak dilatih mengenai CPR, kemudian memberikan tangan untuk CPR. Hanya dengan melakukan penekanan di dada sekitar 100 kali per menit sampai paramedis tiba (dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini). Anda tidak perlu untuk mencoba menyelamatkan pernapasannya.
  • Terlatih dan siap untuk pergi. Jika Anda terlatih dan percaya diri dalam kemampuan Anda, mulai dengan penekanan dada dengan pertama memeriksa jalan napas dan melakukan penyelamatan pernapasan. Mulai CPR dengan 30 kali penekanan dada sebelum memeriksa jalan napas dan memberikan penyelamatan napas.
  • Terlatih tetapi lupa. Jika Anda sebelumnya telah menerima pelatihan CPR, tetapi Anda tidak percaya diri dalam kemampuan Anda, kemudian lakukan penekanan dada pada laju sekitar 100 kali per menit. (Rincian dijelaskan di bawah ini.)


Saran di atas berlaku untuk orang dewasa, anak-anak dan bayi yang membutuhkan CPR, tetapi tidak bayi yang baru lahir.

CPR dapat menyimpan oksigen darah yang mengalir ke otak dan organ vital sampai perawatan medis yang lebih definitif dapat mengembalikan ritma jantung yang normal.

Ketika jantung berhenti, kurangnya oksigen dalam darah dapat menyebabkan kerusakan otak hanya dalam beberapa menit. Orang bisa mati dalam waktu 8 sampai 10 menit.

Untuk belajar CPR dengan benar, mengambil kursus terakreditasi Pelatihan pertolongan pertama, termasuk CPR dan bagaimana menggunakan defibrilator eksternal otomatis (AED). Jika Anda tidak terlatih dan memiliki akses langsung ke telepon, menelepon 911 sebelum memulai CPR. Operator dapat menginstruksikan Anda dalam prosedur yang tepat sampai bantuan tiba.

Sebelum Anda mulai pertolongan CPR

Sebelum mulai CPR, untuk memeriksa:
  • Apakah orang yang sadar atau tidak sadar?
  • Jika orang mulai pingsan, tekan atau goyang bahunya dan bertanya, "Apakah Anda OK?"
  • Jika orang tidak merespon dan ada tersedia dua orang, salah satu harus menelepon 911 atau nomor darurat lokal dan satu orang lagi harus memulai CPR. Jika Anda sendirian dan memiliki akses langsung ke telepon, menelepon 911 sebelum memulai CPR-kecuali jika Anda berpikir orang telah menjadi tidak responsif karena mati-lemas (seperti dari tenggelam). Dalam kasus khusus ini, mulai CPR selama satu menit dan kemudian menelepon 911 atau nomor darurat lokal.
  • Jika AED tersedia, menyampaikan satu kejutan jika diperintahkan oleh perangkat, kemudian mulai CPR.

Ingatlah untuk mengeja C-A-B

The American Heart Association menggunakan singkatan Cab yang berarti penekanan, saluran napas, bernapas-untuk membantu orang-orang yang ingat perintah untuk melakukan langkah-langkah CPR.

Penekanan: Mengembalikan sirkulasi darah
  1. Menempatkan orang padanya kembali pada permukaan yang kokoh.
  2. Berlutut di samping seseorang leher dan bahu.
  3. Tempatkan tumit satu tangan atas pusat seseorang dada, antara puting. Letakkan tangan Anda di atas tangan pertama. Lurus terus siku dan posisi bahu Anda langsung di atas tangan Anda.
  4. Menggunakan berat tubuh bagian atas Anda (bukan hanya lengan) saat Anda mendorong lurus ke bawah pada (kompres) dada setidaknya 2 inci (5 cm). Mendorong keras pada laju sekitar 100 penekanan menit.
  5. Jika Anda belum terlatih dalam CPR, terus dada penekanan hingga ada tanda-tanda pergerakan atau tenaga medis darurat mengambil alih. Jika Anda telah dilatih dalam CPR, pergi untuk memeriksa jalan napas dan penyelamatan pernapasan.
Airway: Jelas jalan napas

  1. Jika Anda dilatih di CPR dan Anda telah dilakukan 30 dada penekanan, membuka airway seseorang menggunakan kepala-tilt, manuver dagu-angkat. Menempatkan telapak tangan Anda pada dahi orang dan lembut memiringkan kepala kembali. Kemudian dengan tangan yang lain, lembut mengangkat dagu ke depan untuk membuka jalan napas.
  2. Periksa untuk bernapas normal, mengambil tidak lebih dari lima atau 10 detik. Mencari dada gerakan, mendengarkan suara normal napas, dan merasa untuk seseorang nafas pada pipi dan telinga Anda. Terengah-engah dianggap tidak normal pernapasan. Jika orang tidak bernapas normal dan Anda sudah terlatih di CPR, mulai bernapas dari mulut ke mulut. Jika Anda percaya orang tak sadarkan diri dari serangan jantung dan Anda belum dilatih dalam prosedur darurat, melewatkan pernapasan dari mulut ke mulut dan terus penekanan dada.

Pernapasan: Bernapas untuk orang

Penyelamatan pernapasan dapat melalui dari mulut ke mulut bernapas atau mulut-ke-hidung pernapasan jika mulut luka serius atau tidak dapat dibuka.

  1. Dengan jalan napas terbuka (menggunakan kepala-tilt, manuver dagu-angkat), sejumput lubang hidung Tutup untuk pernapasan dari mulut ke mulut dan menutup mulut seseorang dengan Anda, membuat segel.
  2. Mempersiapkan untuk memberikan dua penyelamatan napas. Memberikan napas penyelamatan pertama — berlangsung satu detik — dan menonton untuk melihat jika dada naik. Jika itu naik, memberikan nafas kedua. Jika dada tidak naik, ulangi manuver dagu-angkat kepala-tilt, dan kemudian memberikan nafas kedua. Tiga puluh penekanan dada yang diikuti oleh dua penyelamatan napas dianggap satu siklus.
  3. Melanjutkan dada penekanan untuk mengembalikan sirkulasi.
  4. Jika orang tidak memiliki mulai bergerak setelah lima siklus (sekitar dua menit) dan defibrillator eksternal otomatis (AED) tersedia, menerapkan dan ikuti petunjuknya. Mengelola satu kejutan, kemudian melanjutkan CPR — dimulai dengan penekanan dada — untuk dua menit sebelum pemberian kejutan kedua. Jika Anda tidak dilatih untuk menggunakan AED, 911 atau lainnya medis darurat operator mungkin mampu membimbing Anda dalam penggunaannya. Jika AED tidak tersedia, lanjutkan ke langkah 5 di bawah ini.
  5. Lanjutkan CPR hingga ada tanda-tanda pergerakan atau tenaga medis darurat mengambil alih.

Untuk melakukan CPR pada anak

Prosedur untuk memberikan CPR untuk anak usia 1 sampai 8 pada dasarnya adalah sama dengan yang untuk orang dewasa. Perbedaan adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda sendiri, melakukan lima siklus penekanan dan napas pada anak — ini harus memakan waktu sekitar dua menit — sebelum menelepon 911 atau nomor darurat lokal Anda atau menggunakan AED.
  • Menggunakan satu tangan untuk melakukan penekanan dada.
  • Bernapas lebih lembut.
  • Menggunakan tingkat kompresi-napas yang sama seperti yang digunakan untuk orang dewasa: 30 penekanan diikuti oleh dua napas. Ini adalah satu siklus. Setelah dua napas, segera mulai siklus berikutnya penekanan dan napas.
  • Setelah lima siklus (sekitar dua menit) CPR, jika tidak ada tanggapan dan AED tersedia, menerapkan dan ikuti petunjuknya. Menggunakan bantalan pediatrik jika tersedia, untuk anak-anak usia 1 sampai 8 tahun. Jika bantalan pediatrik tidak tersedia, menggunakan bantalan dewasa. Jangan gunakan AED untuk anak-anak yang lebih muda dari usia 1. Mengelola satu kejutan, kemudian melanjutkan CPR — dimulai dengan penekanan dada — untuk dua menit sebelum pemberian kejutan kedua. Jika Anda tidak dilatih untuk menggunakan AED, 911 atau lainnya medis darurat operator mungkin mampu membimbing Anda dalam penggunaannya.

Lanjutkan sampai anak bergerak atau bantuan tiba.

Untuk melakukan CPR pada bayi

Kebanyakan jantung penangkapan di bayi terjadi kehabisan oksigen, seperti dari tenggelam atau tersedak. Jika Anda tahu bayi memiliki obstruksi, melakukan pertolongan pertama untuk tersedak. Jika Anda tidak tahu mengapa bayi tidak bernapas, melakukan CPR.

Untuk memulai, memeriksa situasi. Stroke bayi dan melihat reaksinya, seperti gerakan, tetapi tidak menggoyangkan bayi.

Jika tidak ada tanggapan, ikuti prosedur CAB berikut dan waktu panggilan untuk bantuan sebagai berikut:

  • Jika Anda hanya penyelamat dan CPR diperlukan, melakukan CPR selama dua menit — sekitar lima siklus — sebelum menelepon 911 atau nomor darurat lokal.
  • Jika orang lain tersedia, memiliki orang yang meminta bantuan segera ketika Anda menghadiri untuk bayi.

Penekanan: Mengembalikan sirkulasi darah


  1. Tempatkan bayi di nya kembali pada permukaan yang kokoh, datar, seperti meja. Lantai atau tanah juga akan melakukan.
  2. Bayangkan garis horizontal yang ditarik antara puting bayi. Tempatkan dua jari satu tangan di bawah baris ini, di pusat dada.
  3. Lembut memampatkan dada sekitar 1,5 inci (sekitar 4 cm).
  4. Menghitung dengan suara keras seperti Anda pompa dalam irama cukup cepat. Anda harus pompa pada tingkat 100 penekanan per menit.

Airway: Jalan napas jelas


  1. Setelah 30 penekanan, lembut ujung kepala kembali dengan mengangkat dagu dengan satu tangan dan mendorong ke bawah di dahi dengan tangan yang lain.
  2. Tidak lebih dari 10 detik, menempatkan telinga Anda dekat mulut bayi dan memeriksa untuk bernapas: mencari gerakan dada, mendengarkan bunyi napas, dan merasa untuk nafas pada pipi dan telinga Anda.

Pernapasan: Bernapas untuk bayi


  1. Tutup mulut bayi dan hidung dengan mulut Anda.
  2. Mempersiapkan untuk memberikan dua penyelamatan napas. Menggunakan kekuatan pipi Anda untuk memberikan lembut Puff udara (bukan napas dalam-dalam dari paru-paru Anda) untuk bernapas perlahan-lahan ke dalam mulut bayi satu waktu, mengambil satu detik untuk napas. Melihat jika bayi dada naik. Jika tidak, memberikan nafas penyelamatan kedua. Jika dada tidak naik, ulangi manuver dagu-angkat kepala-tilt, dan kemudian memberikan nafas kedua.
  3. Jika bayi dada masih tidak naik, memeriksa mulut untuk memastikan tidak ada benda asing yang ada di dalamnya. Jika sebuah objek dilihat, sapu keluar dengan jari Anda. Jika jalan napas tampaknya diblokir, melakukan pertolongan pertama untuk bayi tersedak.
  4. Memberikan dua napas setelah setiap penekanan 30 kali ke dada.
  5. Melakukan CPR selama sekitar dua menit sebelum memanggil bantuan kecuali seseorang dapat membuat panggilan saat Anda menolong bayi.
  6. Lanjutkan CPR sampai Anda melihat tanda-tanda kehidupan atau sampai tiba tenaga medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar